Full width Top advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Technology as Extensions of the Human Body

Marshall McLuhan:
"The Medium is the Message"
Todd Kappelman

Technology as Extensions of the Human Body
In our continuing look at Marshal McLuhan, the man who coined the term "global village" and the phrase "the medium is the message," we will reflect on what he had to say about the various ways human beings extend themselves, and how these extensions affect our relationships with one another. First, we must understand what McLuhan meant by the term "extension(s)."

“extension seperti halnya medium/media atau perpanjangan. Mcluhan membahas masalah ini khususnya berkaitan dengan penggunaannya yang memberikan pengaruh terhadap hubungan yang terjadi antar manusia, khususnya yang berkaitan dengan fenomena komunikasi global”
An extension occurs when an individual or society makes or uses something in a way that extends the range of the human body and mind in a fashion that is new. The shovel we use for digging holes is a kind of extension of the hands and feet. The spade is similar to the cupped hand, only it is stronger, less likely to break, and capable of removing more dirt per scoop than the hand. A microscope, or telescope is a way of seeing that is an extension of the eye.
Considering more complicated extensions, one might think of the automobile as an extension of the feet. It allows man to travel places in the same manner as the feet, only faster and with less effort. In addition, this extension enables one to travel in relative comfort in extreme weather conditions. Most individuals already understand the concept of extension, but many are unreflective when it comes to what McLuhan calls "amputations;" the counterpart to extensions.

Mcluhan mencontohkannya dengan penggunaan sepatu sebagai perpanjangan atau media dari kaki. Dengan menggunakan sepatu, maka kaki memiliki kekuatan lebih untuk memijak bahkan untuk sesuatu yang berbahaya. Sepatu juga bisa menjadi perpanjangan dari eksistensi simbolik dari lifestyle, seperti halnya seseorang yang menggunakan sepatu nike sebagaimana yang dipakai Michael Jordan, tentu hal ini bisa menjadi identitas simbolik dari ekesistensi lifestyle. Begitu juga medium – medium lainnya. Nah kemudian mcluhan menawarkan gagasan mengenai “amputations”. Sederhananya, bahwa penggunaan extentions selalu memberikan dampak atau berpengaruh terhadap pola – pola kehidupan manusia. Baik itu yang sifatnya positif maupun negatif. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari kutipan berikutnya.
Every extension of mankind, especially technological extensions, have the effect of amputating or modifying some other extension. An example of an amputation would be the loss of archery skills with the development of gunpowder and firearms. The need to be accurate with the new technology of guns made the continued practice of archery obsolete. The extension of a technology like the automobile "amputates" the need for a highly developed walking culture, which in turn causes cities and countries to develop in different ways. The telephone extends the voice, but also amputates the art of penmanship gained through regular correspondence. These are a few examples, and almost everything we can think of is subject to similar observations.

Setiap medium/extensi, khususnya dalam bidang teknologi selalu memberikan pengaruh atau merubah extention lainnya yang ada di dalam lingkungan sosial. Misalnya penemuan atau penggunaan mobil telah memberikan kemudahan bagi manusia dalam hal perjalanan tentunya. Jarak yang jauh bisa ditempuh dengan lebih cepat dan tanpa perlu bersusah payah berjalan kaki. Namun hal ini secara perlahan – lahan telah memberikan pengaruh pada hilangnya budaya jalan kaki yang menyehatkan. Kemudian penggunaan mesin – mesin otomatis seperti yang sering kita temukan diberbagai kota – kota besar (misalnya, mesin minuman otomatis) kita tinggal memasukan coin kemudian barang yang kita inginkan akan keluar dengan sendirinya. Jika dilihat dari efisiensi kerja, tentu hal ini akan membantu dalam hal menekan biaya pengeluaran yang sedianya diberikan untuk membayar pelayan toko, namun hal ini memberi pengaruh terhadap hilangnya sisi – sisi manusiawi ketika terjadi proses jual beli. Seperti yang sering kita saksikan di pasar – pasar tradisional dimana antara pembeli dan penjual bercengkrama dan saling tawar menawar, hubungan personal yang akrab mudah sekali ditemukan disini. Tapi apa yang terjadi ketika robot – robot iu mulai menggantikan posisi manusia? Dalam skala yang lebih besar hal ini memberikan pengaruh pada tata kehidupan masyarakat pada umumnya.
McLuhan believed that mankind has always been fascinated and obsessed with these extensions, but too frequently we choose to ignore or minimize the amputations. For example, we praise the advantages of high speed personal travel made available by the automobile, but do not really want to be reminded of the pollution it causes. Additionally, we do not want to be made to think about the time we spend alone in our cars isolated from other humans, or the fact that the resulting amputations from automobiles have made us more obese and generally less healthy. We have become people who regularly praise all extensions, and minimize all amputations. McLuhan believed that we do so at our own peril.

McLuhan percaya bahwa masyarakat tengah beranjak kedalam budaya yang sangat tergantung terhadap teknologi. Untuk meminimalisir dampak – dampak negatif yang mungkin muncul, McLuhan menyarankan agar kita memberikan porsi yang berimbang antara penggunaan teknologi dan juga memperkuat pondasi agar hal ini tidak memberikan dampak negatif. Tetap sadar bahwa tidak semua teknologi bisa diadopsi, namun pilih yang paling relevan. Dan tidak semua yang tradisional itu dikatakan tertinggal atau kuno, ada nilai – nilai berharga yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan kita.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]